Senin, 20 Januari 2014

Al Qur'an Manfaat



Keutamaan Membaca Al Qur’an


Sudahkah anda membaca Al Qur’an? Berapa ayatkah yang anda baca setiap hari? Ataukah sama sekali anda lupa atau dengan sengaja mengabaikannya?
Kadang tanpa kita sadari, dengan bertambah banyaknya aktifitas keseharian kita, seolah kita lupa dengan Al Qur’an yang kita taruh diatas meja kita, lemari atau mungkin dalam saku kita. Seakan hanya sekedar hiasan maupun pejangan diantara buku-buku dan majalah lainnya.. astaghfirullah.. sungguh rugi bagi mereka yang jauh dari lantunan dan bacaan Al Qur’an.
Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya barang siapa yang dalam dirinya tiada bacaan Al Qur’an maka ia seperti halnya rumah yang roboh.”
Diantara Keutamaan membaca Al Qur’an adalah:

Al Qur’an akan menjadi syafaat bagi orang yang membacanya.
Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadisnya: “Bacalah Al Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat kepada orang yang telah membaca dan mengamalkan isinya”

Al Qur’an adalah cahaya ditengah kegelapan
Sabda Rasulullah  SAW, “ Aku wasiatkan kepada kalian agar bertaqwa kepada Allah dan Al Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi)

Satu huruf dalam Al Qur’an sama dengan 1 kebaikan, dan 1 kebaikan itu berpahala 10 kali lipat.
Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa satu huruf dari kitabullah, maka baginya satu kebaikan dan kebaikan itu mendapat pahala 10 kali lipat. Aku (Muhammad) tidak mengatakan “alif laam miim” itu satu huruf. Tapi alif satu huruf, laam satu huruf, miim satu huruf.”
Demikian beberapa keutamaan  yang Allah berikan kepada orang-orang yang membaca Al Qur’an sekaligus mengamalkan isi kandungannya. Semoga tulisan ini dapat mengingatkan kita untuk selalu membaca Al Qur’an kapan dan dimanapun berada. Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya rumah yang di dalamnya dibacakan Al Baqarah, tidak akan bisa dimasuki setan.” (HR. Muslim)

Bacalah Al Qur’an!! Bacalah dan amalkanlah kandungannya isi yang ada dalam Al Qur’an itu, niscaya kita semua nanti akan termasuk orang-orang yang beruntung kelak dihari akhir. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar