Kamis, 27 Februari 2014

Rohani Islam



ROHANI ISLAM (ROHIS)




Rohis (disebut juga Rohani Islam) adalah sebauh organisani untuk memperkuat keIslaman. Rohis sering disebut juga Dewan Keluarga Masjid (DKM). Rohis biasanya dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler (ekskul) di SMP dan SMA. Padahal fungi Rohis yang sebenarnya adalah forum, mentoring, dakwah dan berbagi. Susunan dalam Rohis layaknya OSIS, di dalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara,sekretaris, dan divisi-divisi yang bertugas pada bidangnya masing-masing.
Rohis umumnya memiliki kegiatan terpisah antara anggota pria (ikhwan) dan wanita (akhwat). Hal ini dikarenakan perbedaan muhrim diantara anggota. Kebersamaan dapat juga terjalin antar anggota dengan rapat kegiatan serta kegiatan-kegiatan diluar ruangan. Tujuan utama Rohis mendidik siswa menjadi lebih Islami dan mengenal dengan baik dunia keIslaman,  dalam pelaksanaannya anggota Rohis memiliki kelebihan dalam penyampaian dakwah dan cara mengenal Allah lebuh dekat melalui alam dengan tadzabur alam, hal itu karena dalam kegiatannya Rohis juga mengajarkan hal tersebut. Rohis selalu mendekatkan anggotanya kepada Allah SWT, dan menjaukan anggotanya dari terorisme, kesesatan, dsb.
Kegiatan


  • Kegiatan-kegiatan Rohis adalah sebagai berikut:

  • ·         Mentoring       : Belajar Islam lewat metode kelompok setiap minggu.

  • ·         Rihlah              : Belajar Islam di alam terbuka.
  • ·         Mabit              : Malam bina iman dan taqwa.
  • ·         BTA                  : Baca Tulis Al-Qur’an
  • ·         Tahsin              : Memperbaiki bacaan Al-Qur’an dengan tajwid aplikatif.
  • ·         Tahfizh                        : Menghafal Al-Qur’an One Day One Ayat (Sehari 1 ayat).
  • ·         Training motivasi : Menyeimbangkan IQ, SQ, dan EQ.
  • ·         Kelompok belajar : Untuk mencetak Muslim berprestasi.

ROHIS Bukan Teroris
Aku anak Rohis
Selalu Optimis
Bukannya sok narsis
Kami memang manis
Kami aktifis, benci anarkis
Walau kantungku tipis
Bukan terotis

Semangat terus untuk seluruh Rohis di Indonesia, kami aktifis tapi benci anrkis.. semnagt untuk #RohisIndonesia #RohisNasional ..
وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imron: 104)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar